5 Manfaat Coklat Hitam Bagi Kesehatan


Ketersediaan : Tersedia

Coklat pasti salah satu makanan favoritmu. Ya, makanan hasil olahan dari biji kakao ini biasa kamu temui di berbagai jenis makanan dan minuman. Di balik rasanya yang unik, cokelat ternyata menyimpan manfaat yang gak boleh diremehkan, terutama pada dark chocolate atau cokelat hitam

Ini Dia Sejumlah Manfaat Coklat Bagi Kesehatan yang Telah Dibuktikan Secara Ilmiah.

================================================================

1. Coklat hitam begitu kaya nutrisi, yaitu mineral-mineral penting yang diperlukan tubuhmu setiap hari.

tips merawat tubuh

Coklat hitam berkualitas yang tinggi kandungan kakaonya sangat bergizi, lho. Selain mengandung serat, makanan ini juga diperkaya dengan sejumlah mineral.

100 gram coklat mengandung 600 kalori. Ini bukanlah jumlah yang boleh dikonsumsi setiap hari. Jadi, konsumsi secukupnya aja, ya!

Selain itu, profil asam lemak pada coklat hitam juga baik, sebagian besar berupa lemak jenuh dan tak jenuh tunggal. Ia juga mengandung sedikit kafein dan theobromin.

 

2. Di pembuluh darah, coklat hitam ikut berperan. Ia membantu memperlancar aliran darah dan mengurangi tekanan.

tips merawat tubuh dengan baik

Flavanol pada coklat hitam sanggup menstimulasi endotelium, yaitu lapisan pada arteri, untuk memproduksi nitrogen monoksida (NO). Salah satu fungsi NO adalah mengirimkan sinyal ke arteri agar lebih rileks, sehingga mengurangi beban pada aliran darah dan menurunkan tekanan darah.

 

3. Manfaat coklat hitam lebih dari yang kamu kira. Ia sanggup memerangi penyakit jantung dan kardiovaskular.

cara merawat tubuh

Ada beberapa cara coklat hitam dalam mengurangi risiko penyakit jantung dan kardiovaskular. Yang pertama, ia meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) sekaligus menghambat oksidasi kolesterol LDL yang dapat menyumbat merusak jaringan pembuluh darah.

Selain itu, coklat hitam juga mengurangi resistensi insulin. Resistensi insulin merupakan salah satu faktor yang memicu beragam penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Sementara, beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi cokelat setidaknya dua kali seminggu membantu mengurangi pengapuran plak pada arteri sampai 32 persen.

 

4. Tak sekadar bergizi, coklat hitam juga dibekali dengan antioksidan yang jumlahnya tak bisa dianggap remeh.

tips merawat tubuh dengan baik

Kandungan antioksidan pada coklat hitam juga sangat tinggi, lho. Ia dilengkapi dengan senyawa organik aktif yang berfungsi sebagai antioksidan, antara lain polifenol, flavanol, dan katekin. Antioksidan ini berperan penting dalam mencegah radikal bebas di dalam tubuh.

Bahkan, menurut sebuah studi, coklat hitam mengandung aktivitas antioksidan polifenol dan flavanol lebih banyak dibanding buah lainnya.

 

 

5. Tak berhenti sampai di situ saja, coklat hitam ternyata juga mampu meningkatkan fungsi otak.

perawatan tubuh secara alami

Di atas sudah disinggung tentang peran kakao dalam melancarkan aliran darah. Ternyata, hal ini juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak, lho. Sebuah studi pada sejumlah relawan yang sehat menunjukkan bahwa mengkonsumsi kakao yang tinggi flavanol selama 5 hari mampu memperlancar aliran darah ke otak.

Cokelat juga dapat meningkatkan fungsi kognitif secara signifikan pada orang usia lanjut yang mengidap gangguan mental. Selain itu, kandungan zat stimulan seperti kafein dan teobromin pada cokelat juga menjadi salah satu alasan mengapa makanan satu ini mampu meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.

 

Banyak juga ya manfaat dari coklat. kamu tentu gak perlu ragu lagi mengkonsumsi cokelat hitam.Tapi, tetap makan secukupnya aja, ya!