Tips Penting Memilih Sabun Mandi


Ketersediaan : Tersedia

Gimana rasanya bila kita mandi tanpa sabun? Pastinya kulit kita akan terasa kurang bersih dan terawat. Seiring naiknya kebutuhan akan sabun, semakin beragam pula jenis sabun yang ditawarkan.

Ini justru bisa menimbulkan kebingungan dan membuat kita salah membeli produk sabun mandi. Ketidakcocokan jenis sabun ini tentu bisa berdampak pada kesehatan kulitmu.

.

sabun mandi yang aman untuk kulit .

Bersih Sih Bersih, Tapi Apa Kamu Yakin Sabun Mandimu Tak Akan Mengikis Habis Kulitmu? Cari Tahu Dulu Tips Memilih Sabun Mandi di Sini, Yuk!

====================================================================================

Semua sabun mandi sudah pasti dapat membersihkan kulitmu dari kotoran. Masalahnya, apakah sabun itu sesuai dengan jenis kulitmu? Apakah sabun mandi tersebut mampu menjaga kelembaban kulitmu? Nah, supaya kamu nggak bingung lagi, simak yuk bagaimana cara memilih sabun mandi yang cocok bagi kulitmu!

1. Mana yang lebih bagus, sabun cair atau batangan? Tak usah bingung, karena ini hanya soal selera dan kenyamanan!

tips memilih sabun mandi yang aman

Hingga saat ini persoalan antara sabun cair dan sabun batangan masih menjadi perdebatan. Ada yang beranggapan bahwa sabun batang lebih bersih daripada sabun cair, dan juga sebaliknya. Namun, kenyataannya kedua jenis sabun ini memiliki komposisi dan khasiat yang sama saja kok—sama-sama bisa membersihkan kulit.

Yang membedakan antara sabun cair dan batangan hanyalah soal kenyamanan dan selera masing-masing orang. Sabun cair lebih unggul soal kepraktisan dan juga pilihan aroma. Sedangkan sabun batangan harganya lebih terjangkau dan kemasannya lebih ramah lingkungan.

 

2. Cek tingkat keasaman (pH) sabun mandi tersebut, apakah ia mendekati kadar pH normal yang aman bagi kulit?

tips memilih sabun mandi yang aman untuk kulit

Selalu biasakan untuk mengecek label komposisi setiap kali hendak membeli produk kecantikan, termasuk sabun mandi. Pastikan sabun mandi tersebut tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak kulit dan menimbulkan alergi.

Selain memperhatikan komposisinya, jangan lupa pula untuk mengecek tingkat keasaman (pH) sabun mandi tersebut. Sabun mandi yang bagus adalah yang memiliki kadar pH hampir mendekati pH kulit kita (pH balanced).

Akan sangat bagus kalau kamu mengetahui berapa kadar pH pada kulitmu. Tapi, jika sekiranya itu terlalu merepotkan, cukup carilah sabun mandi yang memiliki pH normal, yakni sekitar 4,5 – 6,5 saja.

 

3. Untuk kulit sendiri, jangan ragu memberikan kualitas terbaik. Gunakan sabun yang memiliki reputasi apik!

Memang sih, terkadang harga bisa menjadi tolak ukur sebuah kualitas produk. Namun demi keamanan kulit dan juga kantong, lebih baik yang kamu perhatikan adalah soal reputasi produk tersebut. Yang penting kamu harus tahu, apakah review dari masyarakat terhadap produk tersebut positif atau tidak.

Hindari untuk menggunakan sabun mandi abal-abal yang nggak jelas asalnya. Karena jika kamu tak tahu apa komposisi dan bagaimana kualitasnya, kulitmu jadi taruhannya kan?

 .sabun mandi yang bagus

.

4. Pastikan sabun mandi yang kamu beli dapat memberikan perlindungan dan perawatan maksimal sesuai dengan jenis kulitmu!

Nah, tahap ini adalah yang penting. Pastikan terlebih dulu bagaimana kondisi kulitmu, dan ketahui sabun seperti apa yang cocok dengan jenis kulitmu.

Setiap jenis kulit memerlukan treatment yang berbeda-beda, lho—nggak bisa disamaratakan. Ini adalah tips mencari sabun mandi yang cocok sesuai dengan jenis kulitmu:

           Kulit normal

Kamu tak perlu banyak bingung dan khawatir jika kulitmu termasuk jenis yang normal. Hampir semua jenis sabun bisa kamu gunakan dengan nyaman. Namun, tetap perhatikan komposisi dan juga kadar keasamannya, ya!

           - Kulit kering

Kulit kering ini terjadi akibat produksi sebum (minyak alami) yang terlalu sedikit, sehingga kulitmu tidak terjaga kelembabannya. Jenis kulit ini mudah sekali bersisik dan terkelupas. Carilah produk sabun mandi yang pada komposisinya terdapat cocoa butter, minyak nabati, alpukat, lidah buaya, atau minyak kelapa.

       - Kulit berminyak

Jenis kulit ini justru memproduksi minyak terlalu berlebihan sehingga kulit mudah sekali lengket dan kotor. Kulit yang mudah kotor ini sudah pasti mudah sekali timbul jerawat dan juga daki. Pilihan yang tepat bagi kamu yang memiliki jenis kulit berminyak adalah sabun yang memiliki khasiat membersihkan dengan kuat. Biasanya memiliki komposisi seperti garam laut, gula merah atau oatmeal.

       - Kulit sensitif.

Kulit yang sensitif ini sangat mudah sekali teriritasi, terutama dengan produk-produk kecantikan yang banyak mengandung bahan kimia, maka gunakan sabun mandi yang kandungannya alami dan menenangkan kulitmu. Carilah sabun yang komposisinya mengandung lidah buaya, cocoa butter, vitamin E, atau chamomile. Bahan-bahan alami tersebut diketahui dapat memberikan efek menenangkan bagi kulit.

 

Itulah beberapa tips mudah untuk memilih sabun yang sesuai dengan kebutuhan kultimu. Selalu pastikan bahwa sabun mandi tersebut aman, nyaman dan sesuai dengan kondisi kulitmu.

Related Products